Peluang Bisnis Rumahan Jasa Laundry Kiloan Dan Analisanya

Laundy kiloan mungkin terkesan agak elit bagi sebagian orang. Tidak semua orang mau menggunakan jasa ini karena terkendala dana atau ha...


Laundy kiloan mungkin terkesan agak elit bagi sebagian orang. Tidak semua orang mau menggunakan jasa ini karena terkendala dana atau hanya belum terbiasa. Namun, seiring dengan perkembangan zaman yang serba menginginkan instan, maka usaha laundy kiloan kini mulai menjamur di kalangan masyarakat.

Di daerah Jogja, usaha laundy sudah menjadi usaha yang umum. Hampir di beberapa kota besar bahkan pedesaan di Jogjakarta bertebarang para penyedia jasa laundy. Tak hanya laundy, khusus untuk pedesaan biasanya masih menggunakan label binatu dengan sistem manual belum menggunakan mesin cuci.

Bisnis Rumahan Jasa Laundry Kiloan

Segmentasi pasar bisa di perutukan kepada mereka para mahasiswa, karyawan atau pekerja perantuan yang biasanya terlalu sibuk hingga mungkin tidak sempat untuk mencuci bajunya sendiri sehingga lebih memilih untuk menggunakan jasa laundy kiloan.

Seperti di lansir oleh dokterbisnis.net prospek pasar dari usaha ini terbilang masih sangat terbuka. Sebagai contoh kita ambil kota Jakarta. Dengan asumsi bahwa kota jakarta memiliki 8 juta kepala keluarga dan perkiraan 2 juta kepala keluarga, kebutuhan akan usaha laundry masih pada angka 5.000 kepala keluarga.

Jika masih masing kepala keluarga memiliki empat kepala keluarga maka setidaknya terdapat 1,5 Kg per anggota keluarga maka dalam sehari terdapat sekitar 7,5 Ton pakaian dengan perkiraan nominal mencapai Rp. 3 Milliar Rupiah per bulan.

Berdasarkan pemaparan di atas, maka peluang bisnis rumahan usaha laundry memang masih memiliki prospek yang sangat bagus seiring dengan kebiasaan manusia yang semakin mengarah kepada hal - hal instan, tak hanya dalam urusan kekayaan, mencuci pun ingin instan.

Ini dibuktikan oleh saya sendiri, dahulu di desa saya belum ada yang namanya binatu atau laundry, nyatanya sekarang usaha laundry muncul di hampir tiap pedesaan.

Jika anda jeli, maka anda pasti sudah bisa membaca peluang pasar bisnis rumahan laundry kian cerah karena semakin bertambah umur bumi ini, peradaban manusia kian berubah dan lebih ke arah hal - hal yang mudah dan praktis.

Bisa jadi, nantinya di tiap desa akan ada usaha rumahan laundry yang menyediakan kemudahan serta kualitas cucian pakaian yang baik. Bisa di bilang usaha ini masih belum banyak yang menjalankannya, so, sangat patut untuk di jalankan.

Analisa Usaha Rumahan Laundry Kiloan

Dalam menentukan analisa usaha tentu kita memikirkan berapa harga per kg, rata - rata, harga jasa per kg pakaian yang di cuci adalah Rp. 5.000,- maka kita akan mendapatkan perkiraan laba rugi sebagai berikut :

Sebagai asumsi kita misalkan bahwa dalam sehari ada  60 kg pakaian yang kita cuci. Sehingga dalam satu bulan pendapatan kotor kita diperkirakan akan mencapai 60 x Rp. 5.000 x 30 hari = Rp. 9.000.000,-Harga 5000 adalah harga paling umum.

Dengan ketentuan untuk setiap jenis pakaian memiliki berbagai variasi harga. Untuk jenis jenis pakaian seperti celana Jeans, atau Jaket biasanya memiliki harga yang berbeda. Ini berlaku pula pada jenis lain seperti sprai, korden atau tirai. Adapun rincian biaya operasional tiap bulan adalah :

Biaya listrik                                                                       : Rp    400.000
Penyetrika model borongan per kilo Rp 1000 x 1800kg    : Rp 1.800.000
Detergen, pewangi, sabun                                                 : Rp    700.000
Karyawan khusus bagian mencuci                                     : Rp    700.000
biaya lain lain                                                                    : Rp    300.000
Total biaya operasional                                                  : Rp 3.900.000

Penghasilan Bersih 

Pendapatan kotor - biaya operasional tiap bulan = Rp. 9.000.000 - Rp. 3.900.000,- = Rp. 5.100.000,-

Angka yang sangat lumayan bukan? 

Dan ini tentu sangat cocok sebagai peluang bisnis rumahan ibu rumah tangga. Namun tidak menutup kemungkinan usaha rumahan ini di jalankan oleh siapapun bahkan bisa juga dijadikan sebagai usaha sampingan sebagai pendongkrak penghasilan keluarga. 

Lalu bagaimana agar pendapatan usaha bisa lebih besar dan usaha laundy bisa lebih sukses? Berikut ini adalah tips bisnis usaha laindry, mari simak di bawah ini.

Tips Sukses Bisnis Laundry Kiloan

Agar usaha laundry anda dapat berjalan lancar dan meraih kesuksesan maka sangat di anjurkan bagi anda yang berminat untuk menjalankan usaha ini agar melakukan hal - hal penting di bawah ini di antaranya :

1. Pilih Lokasi Yang Tepat
Memilih lokasi yang strategis, mudah di jangkau serta memiliki calon pemakai jasa yang besar faktor terbesar penentu keberhasilan dalam bisnis rumahan laundry.

Jika rumah anda berlokasi di tempat yang memenuhi kriteria diatas, maka sangat dimungkinkan anda bisa membuka usaha laundry di rumah anda sendiri yang tentunya akan menghemat biaya sewa gedung atau membuatnya sendiri. Usahakan untuk memilih lokasi - lokasi yang dekat dengan pusat keramaian serta dekat dengan kos, rumah kontrakan, rumah susun dan sejenisnya.

Sangat bagus jika anda membuka lokasi di lembaga pendidikan yang biasanya juga banyak pelajar atau mahasiswa yang hidup in the kost di sekitar tempat pendidikan seperti kampus atau sekolah menengah atas. Jika anda tidak dapat menemukan lokasi ini, dan anda ingin membuka usaha ini di desa anda maka anda bisa memilih lokasi minimal mudah di jangkau dan terletak di jalan raya.

2. Lakukan Survey
Untuk mengantisipasi hal - hal yang tidak di inginkan, cobalah lakukan survey kecil - kecilan terkait minat dan kebutuhan masyarakat akan jasa binatu. Tak hanya itu, indikator lain yang perlu anda telaah adalah kompetitor, sudah adakah pesaing lain yang membuka usahanya lebih dahulu?

Hasil dari survey ini dapat anda jadikan sebagai tolak ukur pengambilan keputusan bisnis serta pemilihan metode bisnis yang tepat untuk usaha anda sesuai dengan keadaan masyarakat.

3. Lakukan Promosi Unik
Bukan lagi jamannya promosi dengan brosur yang isinya umum. Cobalah lakukan promosi unik dengan menggunakan metode Grand Opening dimana di dalamnya nanti anda akan mengadakan berbagai kegiatan atau mungkin anda juga bisa menggratiskan jasa anda dalam kurun waktu yang anda tentukan.

Pada pembukaan pertama usahakan berikan kesan pertama yang baik dan biarkan orang kemudian dengan rela hati yang akan mempromosikan usaha anda. Dan inilah metode promosi yang terbaik kata pengusaha muda terkaya Sandiaga Uno.

4. Jaga Kualitas
Buatlah visi yang tepat, tulis sebagai slogan usaha anda. Bukan hanya soal keuntungan tapi juga kepuasan pelanggan. Kualitas adalah yang utama, mengutamakan kualitas berarti mengagungkan dan menghargai konsumen sehingga konsumen akan senang untuk memakai jasa laundry anda.

5. Franchise
Jika kemudian usaha anda semakin besar dan sukses, tidak menutup kemungkinan jika anda mencoba untuk menjadikan usaha anda dengan sistem franchise atau waralaba. Dengan begitu, keuntungan anda akan semakin besar. Salah satu franchise laundry yang sudah terkenal adalah Simply Fresh Laundri. Untuk selengkapnya tentang waralaba ini bisa anda cari di Google.

Bagaimana apakah anda tertantang untuk memulai usaha ini? kabar baiknya usaha ini tidak membutuhkan modal besar, dengan uang Rp. 5 juta, anda bisa mendapatkan satu jenis usaha yang omzetnya mencapai 9 -10 juta perbulan.

Semoga saja artikel peluang bisnis rumahan laundry Kiloan dapat menjadi inspirasi bisnis bagi anda  yang bingung dalam menentukan jenis usaha yang ingin anda jalankan.
Name

Affiliate Marketing,1,Agen Pulsa,1,Artikel,6,Bisnis Donat,1,Bisnis Franchise,1,Bisnis Kreatif,1,Bisnis Kue,1,Bisnis Kuliner,1,Bisnis Laundry,1,Bisnis Modal Kecil,2,Bisnis Online,5,bisnis percetakan,1,Bisnis Pulsa,1,Bisnis Rumahan,1,Bisnis Unik,1,Dropship,1,Fried Chicken,1,Ide Bisnis,2,Ide Bisnis Gila,1,Ide Usaha,1,Internet,1,Jasa,2,Jasa Ketikan,1,Jual Pulsa,1,Jualan Pulsa,1,Kue Salju,1,Laundry,1,Makanan Ringan,1,Makelar Properti,1,Modal 5 Jutaan,1,Modal Kecil,2,Pakang Mobil,1,Peluang Usaha,28,pembuatan undangan,1,Penulis Artikel,1,Photo 3D,1,Pulsa Elektrik,1,Tips Bisnis,11,Tips Sukses,2,UKM,1,Ulasan Bisnis,1,Usaha Baru,1,Usaha Fotocopy,1,Usaha Katering,1,Usaha Kecil Menengah,1,Usaha Makanan,11,Usaha Rumahan,1,Usaha Sampingan,10,warteg,1,
ltr
item
Sumber Informasi Peluang Usaha Dengan Ide Terbaru: Peluang Bisnis Rumahan Jasa Laundry Kiloan Dan Analisanya
Peluang Bisnis Rumahan Jasa Laundry Kiloan Dan Analisanya
http://www.theantiguaguide.com/wp-content/uploads/2017/02/laundry-700.jpg
Sumber Informasi Peluang Usaha Dengan Ide Terbaru
http://peluangusahaaku.blogspot.com/2014/08/peluang-bisnis-rumahan-dengan-membuka.html
http://peluangusahaaku.blogspot.com/
http://peluangusahaaku.blogspot.com/
http://peluangusahaaku.blogspot.com/2014/08/peluang-bisnis-rumahan-dengan-membuka.html
true
7305356468609362701
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy